JavaScript Menu Powered by ?
Website Resmi Pemerintah Kota Salatiga


Link
LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik)

KPU Kota Salatiga

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kota Salatiga

Badan Pembinaan Hukum Nasional

Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah
 
Berita   Jika Ada Artis Tidak Terdaftar, Kampanye Dibubarkan

Kamis, 3 November 2016
Jika Ada Artis Tidak Terdaftar, Kampanye Dibubarkan

SIDOREJO - Jika ada artis atau juru kampanye (jurkam) yang tidak terdaftar di KPU, maka kampanye tersebut bisa dibubarkan polisi. Demikian lontar Sujit Mudjirno, saat menjadi pemateri Pertemuan Forum Lembaga Komunikasi Masyarakat (FLKM) Kota Salatiga di Balai Pertemuan Kecamatan Sidorejo, Rabu 2/11.

Kegiatan yang digelar oleh Bagian Humas Setda Kota Salatiga tersebut mengambil tema Salatiga Sukses Pilkada Tahun 2017. Selain unsur KPU pemateri yang hadir adalah Ahmad Dhomiri. Banyak pertanyaan peserta terkait kampanye dan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

"Materi APK berupa baliho nantinya akan dibuat KPU yang materinya disepakti dengan Panwas, harapannya materi yang terpasang nantinya tidak melanggar. Peserta pemilu juga berhak mencetak sendiri APK sesuai yang disepakati bersama. Dalam aturan yang ada, misalnya APK tidak boleh mencantumkan artis dan tokoh yang tidak menjadi pengurus partai pengusung, demikian pula tidak boleh mencantumkan logo partai yang tidak turut mendaftarkan saat pencalonan," terang Sujit.

"Memilih PPS sangatlah sulit, jika syarat yang diwajibkan harus lulusan SMA sederajat saya kira memberatkan. Karena di masyarakat berlomba-lomba tidak mau mungkin disebabkan tanggung jawab yang sangat berat dan juga honor yang minim. Apa tidak bisa sayarat lulusan tersebut dipermudah, misalnya lulusan SMP Peremuan FLKM Tingkat Kecamatan Kota Salatiga di Kecamatan Sidorejo dengan tem Salatiga Sukses Pilkada 2017, " tanya Ruri LKM Sidorejo.

"Syarat tersebut sudah ketentuan baku, harapannya adalah PPS cakap dalam melaksanakan tugasnya, karena dalam peungutan suara sarat dengan angka-angka. Salah sedikit saja akan fatal dan berdampak hukum. Jika tidak ditemukan yang mau menjadi PPS, maka kita akan meminta walikota untuk memerintahkan BKD untuk menugaskan PNS setempat menjadi PPS, ini adalah solusi yang terakhir," jawab Sujit.

"Kami akan melakukan pengawasan terstruktur, sehingga setiap kampanye atau rapat yang dilakukan tim sukses atau pasangan calon bisa kita pantau. Nantinya jika terjadi arak-arakan akan langsung ditindak oleh polisi, karena setiap rute yang dilalui peserta kampanye akan di jaga minimal di tiap persimpangan jalan," jelas Dhomiri.

"Apakah pemasangan APK tidak diatur sehingga kita dapati banyak baliho dipasang disepanjang jalan dan semrawut sekarang ini?, Chomsatun LKM Blotongan

Sujit menjelaskan bahwa yang terpasang kali ini bukanlah APK, nanti APK yang boleh terpasang adalah yang resmi mendapat persetujuan KPU beserta Panwas, hal tersebut juga terkait materi isi baliho.

Dhomiri juga mengamini, "Mengenai baliho yang terpasang saat ini betul bukanlah merupakan APK, sehingga hal itu adalah ranah pemkot atau Satpol PP untuk menertibkan. Ada memang laporan pengrusakan baliho, karena bukan APK maka kita tidak bisa memprosesnya. Ini pun kita bekerja dengan tim yang anggotanya Polres dan Kejaksaan, dalam kajian yang kita lakukan keputusannya baliho-baliho tersebut bukanlah APK," papanya.

Terpisah, Kabag Humas Setda Kota Salatiga, Sri Satuti menjelaskan bahwa kegiatan yang sama juga dilaksanakan di 3 kecamatan lain. Untuk Kecamatan Sidomukti, kegiatan dilaksanakan di Balai Pertemuan Kelurahan Dukuh pada hari yang sama. Sedangkan untuk Kecamatan Tingkir dan Kecamatan Argomulyo, pertemuan FLKM dilaksanakan pada Kamis 03/10 di Balai Kecamatan masing-masing dengan menghadirkan pemateri dari KPU dan Panwas.
(fhm)

Berita ini telah dibuka sebanyak 329 kali. 

2016-11-03_JikaAdaArtisTidakTerdaftarKampanyeDibubarkan.jpg


2016-11-03_JikaAdaArtisTidakTerdaftarKampanyeDibubarkan2.jpg


2016-11-03_JikaAdaArtisTidakTerdaftarKampanyeDibubarkan3.jpg


2016-11-03_JikaAdaArtisTidakTerdaftarKampanyeDibubarkan4.jpg


2016-11-03_JikaAdaArtisTidakTerdaftarKampanyeDibubarkan5.jpg




« Daftar Berita







  Radio Streaming Radio Suara Salatiga
Suara Salatiga
Radio Suara Salatiga 99.9 FM
- Live Streaming -





Info Penting

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2009
 (3.081.304 bytes)

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2011
 (7.073.363 bytes)

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2012
 (8.173.109 bytes)

»Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2011-2016
 (3.880.127 bytes)

»Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2005-2025
 (482.317 bytes)

»Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2016
 (2.855.027 bytes)

»Data Pembangunan Tahun 2015
 (7.038.446 bytes)

»Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017
 (3.971.838 bytes)

[Dikirim oleh: Bappeda]


  © 2011-2017 Pemerintah Kota Salatiga   Kontak: humas@salatigakota.go.id