JavaScript Menu Powered by ?
Website Resmi Pemerintah Kota Salatiga


Link
LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik)

KPU Kota Salatiga

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kota Salatiga

Majalah Hati Beriman

Badan Pembinaan Hukum Nasional

Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah
 
Berita   Airin Buka Rakor Apeksi Di Salatiga

Jumat, 25 November 2016
Airin Buka Rakor Apeksi Di Salatiga

SALATIGA - Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indoenesia (Apeksi) Airin Rachmi Diany membuka Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Apeksi di Hotel Grand Wahid Kota Salatiga, Kamis 24/11.

Peserta rapat adalah 25 Walikota atau Sekretaris Daerah yang merupakan perwakilan Kota di wilayah III Apeksi yang berasal dari provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Banten dan DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Airin yang juga menjabat sebagai Walikota Tangerang Selatan mengatakan bahwa rapat wilayah III Apeksi akan menghasilkan rekomendasi strategis dari seluruh anggota terkait kebijakan pusat di daerah sampai dengan kelembagaan baru yang menjadi acuan bagi pemerintah kota.

"Hal-hal yang akan dibahas mendetail antara lain pengalihan kewenangan urusan pendidikan ke pemerintah provinsi terkait kesejahteraan tenaga kontrak, regulasi terbaru mengenai penyeleksian pejabat eselon dua tanpa adanya open biding, maupun hal lain mengenai kelembagaan. Rekomendasi berkiatan dengan hal-hal tersebut nantinya disampaikan ke pemerintah pusat oleh dewan pengurus apeksi," jalas Walikota Tengerang Selatan.

Airin menambahkan bahwa Apeksi tidak hanya menjadi wadah silaturahmi antar pemerintah Kota namun juga menjadi ajang sinergitas antar pemerintah kota untuk membangun wilayah kota masing-masing.

"Rakernas Apeksi akan digelar di Kota Malang dengan agenda paparan pengurus Pusat Apeksi tentang program kerja hingga 2018. Usulan hasil rakor wilayah III ini akan menjadi acuan kami dalam melaksanakan agenda program kerja tersebut," ungkap Airin.

Sementara itu, Asisten III Sekda Kota Salatiga, Fakruroji menjelaskan bahwa Rakorwil III Apeksi ini mengambil tema perubahan perangkat daerah berdasarkan UU 23 tahun 2014 dan PP 18 tahun 2016 terhadap peningkatan pelayanan di daerah. "Rakor ini menghadirkan narasumber antara lain; Nurdin dari Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Putut Hari Satyaha dari Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, serta Adi Junjunan Mustafa dari Kedeputian SDM Aparatur Kemenpan dan RB," jelas Fakruroji.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa rakor tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dibagi menjadi 3 kelompok di mana tiap kelompok fokus membahas hal tertentu. Kelompok 1 membahas sinkroninsasi perubahan perangkat daerah, Kelompok 2 membahas penempatan aparatur sipil negara pada perangkat daerah berdasarkan UU No 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan peraturan pemerintah no 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah, dan Kelompok 3 membahas tentang implementasi perubahan perangkat daerah sesuai dengan peraturan pemerintah no 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah terhadap perencanaan dan penganggaran daerah.
(sg)

Berita ini telah dibuka sebanyak 270 kali. 

2016-11-25_AirinBukaRakorApeksiDiSalatiga.jpg


2016-11-25_AirinBukaRakorApeksiDiSalatiga2.jpg


2016-11-25_AirinBukaRakorApeksiDiSalatiga3.jpg


2016-11-25_AirinBukaRakorApeksiDiSalatiga4.jpg


2016-11-25_AirinBukaRakorApeksiDiSalatiga5.jpg




« Daftar Berita







  Radio Streaming Radio Suara Salatiga
Suara Salatiga
Radio Suara Salatiga 99.9 FM
- Live Streaming -





Info Penting

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2009
 (3.081.304 bytes)

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2011
 (7.073.363 bytes)

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2012
 (8.173.109 bytes)

»Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2011-2016
 (3.880.127 bytes)

»Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2005-2025
 (482.317 bytes)

»Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2016
 (2.855.027 bytes)

»Data Pembangunan Tahun 2015
 (7.038.446 bytes)

»Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017
 (3.971.838 bytes)

[Dikirim oleh: Bappeda]


  © 2011-2017 Pemerintah Kota Salatiga   Kontak: humas@salatigakota.go.id